Cara Menampilkan dan Mengatur Persentase Baterai pada HP ASUS

Cara Menampilkan dan Mengatur Persentase Baterai pada HP ASUS

Teknoxa.com - Persentase baterai adalah informasi penting yang membantu kita memantau level daya yang tersisa pada perangkat kita. Hal ini juga memberikan kita gambaran tentang berapa lama kita dapat menggunakan perangkat sebelum perlu diisi ulang. 

Namun, pada beberapa HP ASUS, pengaturan default mungkin hanya menampilkan ikon baterai tanpa persentase yang spesifik. 

Jika Anda ingin menampilkan persentase baterai dengan jelas pada HP ASUS Anda dan mengatur pengaturan yang sesuai, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melakukannya. 

Mari kita mulai dan jelajahi cara menampilkan dan mengatur persentase baterai pada HP ASUS dengan mudah!


Pentingnya Menampilkan Persentase Baterai pada HP ASUS

Sebelum kita mempelajari cara menampilkan persentase baterai pada HP ASUS, penting untuk memahami mengapa fitur ini begitu penting. 

Persentase baterai memberi kita informasi yang jelas tentang berapa persen daya yang tersisa pada perangkat kita. Dengan menampilkan persentase baterai, kita dapat dengan mudah melihat berapa lama perangkat kita dapat bertahan sebelum perlu diisi ulang. 

Selain itu, persentase baterai juga membantu kita dalam mengelola daya baterai dengan lebih efisien. Dengan mengetahui persentase baterai yang tersisa, kita dapat menghindari kejadian mendadak perangkat mati karena kehabisan daya.


Cek Pengaturan Tampilan Baterai Default pada HP ASUS Anda

Sebelum kita beralih ke cara menampilkan persentase baterai, kita perlu memeriksa pengaturan tampilan baterai default pada HP ASUS Anda. 

Pada beberapa model ASUS, mungkin sudah ada opsi untuk menampilkan persentase baterai, sementara pada model lain, opsi ini mungkin tidak diaktifkan secara default. Untuk memeriksa pengaturan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka menu Pengaturan pada HP ASUS Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengetuk ikon Pengaturan yang biasanya terletak di layar Beranda atau di laci aplikasi.

2. Gulir ke bawah dan cari opsi "Tampilan" atau "Tampilan dan Kecerahan". Sentuh opsi ini untuk masuk ke pengaturan tampilan.

3. Di dalam pengaturan tampilan, cari opsi yang berkaitan dengan tampilan status baterai. Ini mungkin disebut "Indikator Baterai" atau "Status Baterai". Sentuh opsi ini untuk melihat pengaturan saat ini.


Mengaktifkan Persentase Baterai pada HP ASUS

Jika pengaturan tampilan baterai default pada HP ASUS Anda tidak menampilkan persentase baterai, Anda dapat mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Dalam pengaturan tampilan, periksa apakah ada opsi yang mengaktifkan atau menonaktifkan tampilan persentase baterai. Biasanya, ini adalah kotak centang yang dapat Anda pilih atau hapus centangnya.

2. Jika opsi tersebut tersedia, aktifkan kotak centang untuk menampilkan persentase baterai. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.


Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menampilkan Persentase Baterai

Jika pengaturan tampilan baterai default pada HP ASUS Anda tidak memiliki opsi untuk menampilkan persentase baterai, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga:

1. Buka Google Play Store di HP ASUS Anda dan cari aplikasi "Battery Percentage" atau "Battery Percentage Indicator".

2. Pilih aplikasi yang sesuai dari hasil pencarian dan instal di perangkat Anda.

3. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan tampilan persentase baterai.


Mengatur Pengaturan Lain yang Berkaitan dengan Baterai pada HP ASUS

Selain menampilkan persentase baterai, Anda juga dapat mengatur pengaturan lain yang berkaitan dengan baterai pada HP ASUS Anda. Berikut adalah beberapa pengaturan tambahan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan:

1. Mode Hemat Baterai: HP ASUS biasanya memiliki opsi Mode Hemat Baterai yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan daya dan memperpanjang masa pakai baterai. Aktifkan opsi ini untuk mengurangi konsumsi daya saat perangkat Anda sedang tidak digunakan.

2. Pengaturan Kecerahan Otomatis: Mengatur kecerahan layar secara otomatis dapat membantu menghemat daya baterai dengan menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar.

3. Pengaturan Waktu Tidur atau Tidur Otomatis: Mengaktifkan pengaturan tidur otomatis pada HP ASUS Anda dapat membantu menghemat daya baterai dengan mematikan layar atau memasukkan perangkat ke mode tidur saat tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu.


Menampilkan dan mengatur persentase baterai pada HP ASUS adalah langkah penting untuk memantau tingkat daya yang tersisa pada perangkat Anda. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah dalam artikel ini, Anda sekarang dapat dengan mudah menampilkan persentase baterai pada HP ASUS Anda.

Ingatlah bahwa memiliki informasi yang jelas tentang persentase baterai dapat membantu Anda mengelola daya baterai dengan lebih efisien dan menghindari kejadian perangkat mati karena kehabisan daya. 

Jangan ragu untuk menyesuaikan pengaturan lain yang berkaitan dengan baterai pada HP ASUS Anda untuk mengoptimalkan penggunaan daya. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url